About Me

My photo
Hanya seorang keturunan Aceh sejati yang ingin belajar dan mengumpulkan sejarah tentang negerinya agar tidak musnah ditelan zaman.

Peta Aceh

Peta Aceh

TRAGEDI BERDARAH ACEH

Mesjid Baiturrahman

Mesjid Baiturrahman

Rencong Aceh

Rencong Aceh

Museum Tsunami Aceh

Museum tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Ranup Sigapu

Ranup Sigapu

Rumoh Aceh

Makanan Aceh

Makanan Aceh

DAFTAR ISI

ACEH ...DULU SEBUAH NEGERI JAYA DAN MEGAH YANG PERNAH MENJADI SALAH SATU KERAJAAN BESAR DI ASIA TENGGARA SELAMA 407 ( 1496 - 1903 )TAHUN DENGAN MENYANDANG NAMA " KERAJAAN ACEH DARUSSALAM " ...ACEH...SEBUAH NEGERI TANPA SULTAN SELAMA 42 TAHUN ( 1903 - 1945 ) NEGERI YANG TAK PERNAH BERHENTI BERPERANG HINGGA DALAM SATU KISAH KONON RAKYATNYA DARI 10 JUTA TERSISA 3 JUTA JIWA...ACEH...KINI HANYA SEBUAH DAERAH YANG TELAH BERNAUNG SELAMA 66 TAHUN ( 1945 - 2011 ) DALAM NEGARA REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI SALAH SATU PROPINSI...
“ ..... Bahwa tidak ada bangsa yang lebih pemberani perang serta fanatik, dibandingkan dengan bangsa Aceh; dan kaum wanita Aceh, melebihi kaum wanita bangsa-bangsa lainnya, dalam keberanian dan tidak gentar mati. Bahkan merekapun melampaui kaum lelaki Aceh yang sudah dikenal bukanlah lelaki lemah, dalam mempertahankan cita-cita bangsa dan agama mereka” (H.C. Zentgraaff, 1982/1983: 95)
JIKA ACEH PERNAH BESAR/JAYA, MANA BUKTI - BUKTI KEBESARAN PERADABAN ACEH PADA MASA LALU?

Beginilah jadinya sebuah bangsa karena generasi terdahulu lebih baik daripada generasi sekarang? Kegemilangan dan kejayaan masa lalu akan penuh sanjung puji dan keadaan masa kini yang dijalani akan penuh kegeraman paling baik, atau caci maki bagi kekesalan yang melebihi batas ( BANGSA ACEH )....Namun generasi yang paling buruk nasibnya adalah sebuah generasi yang tidak memiliki sosok yang diteladani

Natsuko Tezuka : Mengenal Aceh dari Sejarah

Posted by Sang Penunggu Istana Daruddunia On 17:59

Natsuko Tezuka adalah penari. Dia berasal dari Yokohama, sebuah kota besar yang berdekatan dengan ibukota Jepang, Tokyo. Dia dikenal sebagai ‘penyendiri’, sehingga Natsuko suka tampil sebagai penari solo. Kedatangannya di Banda Aceh untuk mengisi acara ‘The Weep of Forest in Poetry and Music’, atau Rintihan Hutan dalam Syair dan Musik, yang di gelar PentaSagoe, Jambo Kupi Apa Kaoy, Lampaseh, Banda Aceh, Sabtu (16/7).

Natsuko Tezuka, Koreografer asal Jepang yang akan mementaskan karya di PentaSagoe Apa Kaoy - FOTO: precug-jp.net

Di negaranya, Jepang, Natsuko dikenal sebagai pendiam, dan dialah satu diantara sekian penari Jepang yang dianggap ‘ekstrem’ karena suka memilih tempat pertunjukan di lokasi tidak biasa, seperti Kereta Api, Bis Kota, jalan raya, dan pojok kota.

Perempuan ramping berkulit putih memulai Karir penari sejak 1996, dan dia dikenal sebagai penari tunggal. Pada tahun 2001, Natsuko menciptakan tarian berjudul; ‘Anatomical Experiment 4.5 version’ Karya itu digarapnya berseri dan pernah dipentaskan di panggung Indonesia Dance Festival. Pada tahun 2005, menggelar karya di Japan Society Amerika Serikat, dan dia memang kerap tampil di eropa dan Negara-negara Asia, termasuk pada event 9th Indonesian Dance Festival 2008 di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Inilah kehadirannya yang pertama di Aceh. Berikut petikan wawancara Natsuko Tezuka dengan penulis Hiem Apa Kaoy melalui media facebook dan email menggunakan bahasa Indonesia, kecuali Natsuko diterjemahkan oleh sahabat Indonesia di Jepang. Berikut petikannya;

Apa Kaoy
Hai Natsuko San. Salam kenal. Saya Apa Kaoy dari media online The Atjeh Post. Senang sekali saya dapat mewawancarai anda.

Natsuko Tezuka
Sama-sama Apa Kaoy. Saya juga senang sekali.

Apa Kaoy
Saya dengar dari sahabat Yoko Yamashita, bahwa anda sedang mempersiapkan sebuah karya untuk Aceh,apa betul?

Natsuko Tezuka
Sebetulnya tujuan saya ke Aceh untuk melihat budaya dan kehidupan di Aceh. Tapi karena diberi kesempatan untuk mengisi acara, maka saya siapkan karya yang sesuai untuk acara itu.

Apa Kaoy
Apa judul tari yang sedang anda siapkan?

Natsuko Tezuka
Judulnya Anatomical Experiment - Request Version in Aceh.Saya sudah tahu energi aktif bersahabat dengan orang Aceh (atau seniman Aceh), perasaan saya senang sekali.Sekaligus saya agak khawatir apa saya memberikan kesan kepada penonton di Aceh, karena ada perbedaan budaya antara Jepang dan Aceh.

Apa Kaoy
Apakah sebelumnya anda pernah datang ke Aceh? Bagaimana tentang Aceh yang anda ketahui?

Natsuko Tezuka
Ini pertama kali bagi saya mengunjungi Aceh. Sayang sekali, kalau di Jepang barita tentang Aceh topiknya soal konflik. Saya teringat itu kalau diajak ke Aceh. Saya tahu nama Aceh, setelah saya membaca tentang sejarah Indonesia. Dalam bukunya “Daerah Aceh adalah tempat agama Islam pertama di Indonesia”, saya pun yakin kalau orang Aceh beragama Islam.

Apa Kaoy
Tentang kesenian Aceh, apa yang pernah anda lihat, atau yang pernah anda ketahui?

Natsuko Tezuka
Saya malu, saya tidak tahu apa-apa. Ini pengalaman baru bagi saya, dan saya sangat senang.

Apa Kaoy
Pada acara nanti ada puluhan seniman Aceh akan tampil, bagaimana perasaan Anda?

Natsuko Tezuka
Saya sudah tidak sabar lagi. Saya ingin berkomunikasi sama mereka sebanyak banyaknya.

Apa Kaoy
Sejak kapan Anda mengetahui Aceh?

Natsuko Tezuka
Saya tidak tahu. Tapi Saya mendengar nama Aceh dari televisi di Jepang, topiknya tentang konflik. Tentang gempa bumi dan tsunami itu ada karena di Jepang juga ada Saya juga ingin mengambil pelajaran tentang bencana alam dari orang Aceh.

Apa Kaoy
TerimakasihNatsuko. Sampai bertemu di Banda Aceh

Natsuko Tezuka
Sama-sama. Sampai ketemu nanti. Saya menanti-nantikan untuk bertemu Apa Kaoy, seniman dan penonton di Aceh!

Sumber : APA KAOY - The Atjeh Post

Comments
0 Comments

0 Response to "Natsuko Tezuka : Mengenal Aceh dari Sejarah"

Post a Comment

MEREKA YANG TIDAK MENGHARGAI MASA LALU, JUGA TIDAK BERHARGA UNTUK MASA DEPAN( Kata penulis serial Old Shatterhan )

Translate This Blog

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget by ateonsoft.com

Visitor 130 Nations

free counters

Popular Posts

Followers

Blog Archive

Recent Posts

Recent Comments