About Me

My Photo
Hanya seorang keturunan Aceh sejati yang ingin belajar dan mengumpulkan sejarah tentang negerinya agar tidak musnah ditelan zaman.

Peta Aceh

Peta Aceh

TRAGEDI BERDARAH ACEH

Mesjid Baiturrahman

Mesjid Baiturrahman

Rencong Aceh

Rencong Aceh

Museum Tsunami Aceh

Museum tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Ranup Sigapu

Ranup Sigapu

Rumoh Aceh

Makanan Aceh

Makanan Aceh

DAFTAR ISI

ACEH ...DULU SEBUAH NEGERI JAYA DAN MEGAH YANG PERNAH MENJADI SALAH SATU KERAJAAN BESAR DI ASIA TENGGARA SELAMA 407 ( 1496 - 1903 )TAHUN DENGAN MENYANDANG NAMA " KERAJAAN ACEH DARUSSALAM " ...ACEH...SEBUAH NEGERI TANPA SULTAN SELAMA 42 TAHUN ( 1903 - 1945 ) NEGERI YANG TAK PERNAH BERHENTI BERPERANG HINGGA DALAM SATU KISAH KONON RAKYATNYA DARI 10 JUTA TERSISA 3 JUTA JIWA...ACEH...KINI HANYA SEBUAH DAERAH YANG TELAH BERNAUNG SELAMA 66 TAHUN ( 1945 - 2011 ) DALAM NEGARA REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI SALAH SATU PROPINSI...
“ ..... Bahwa tidak ada bangsa yang lebih pemberani perang serta fanatik, dibandingkan dengan bangsa Aceh; dan kaum wanita Aceh, melebihi kaum wanita bangsa-bangsa lainnya, dalam keberanian dan tidak gentar mati. Bahkan merekapun melampaui kaum lelaki Aceh yang sudah dikenal bukanlah lelaki lemah, dalam mempertahankan cita-cita bangsa dan agama mereka” (H.C. Zentgraaff, 1982/1983: 95)
JIKA ACEH PERNAH BESAR/JAYA, MANA BUKTI - BUKTI KEBESARAN PERADABAN ACEH PADA MASA LALU?
Beginilah jadinya sebuah bangsa karena generasi terdahulu lebih baik daripada generasi sekarang? Kegemilangan dan kejayaan masa lalu akan penuh sanjung puji dan keadaan masa kini yang dijalani akan penuh kegeraman paling baik, atau caci maki bagi kekesalan yang melebihi batas ( BANGSA ACEH )....Namun generasi yang paling buruk nasibnya adalah sebuah generasi yang tidak memiliki sosok yang diteladani

KRONOLOGI TRAGEDI BERDARAH SIMPANG KKA

Posted by Sang Penunggu Istana Daruddunia On 20:48

Tanggal 3 Mei punya banyak makna bagi warga Aceh Utara, dan juga bagi masyarakat Aceh pada umumnya. Tanggal tersebut selain bermakna resistensi atau perlawanan rakyat melawan negara, juga sebuah kenangan buruk, betapa negara begitu semena-mena terhadap rakyatnya. Karenanya, saban tahun—meski tak rutin karena kondisi Aceh tak selalu kondusif untuk mengenang tragedi—warga Aceh Utara khususnya para korban tragedi Simpang KKA memperingatinya.



Sekedar merawat ingatan, Senin, 3 Mei 1999 atau sebelas tahun silam, banyak darah berceceran di sekitar simpang PT KKA. Jeritan dan tangisan para korban memecah telinga siapa saja yang pernah mendengar. Saat itu, harga peluru tentara begitu murahnya, karena bisa dihambur-hamburkan dengan sangat mudah. Setelah itu, puluhan mayat dan ratusan korban tergelatak, ada yang sudah kaku, banyak juga yang masih bernyawa sambil merintih, yang lainnya berlarian seperti dikejar air tsunami, mencari tempat yang bisa dijadikan tempat berlindung.



Saat tragedi itu, korban luka-luka tak terhitung. Hanya data yang dikumpulkan oleh Tim Pencari Fakta (TPF) Aceh Utara menyebutkan 115 orang mengalami luka parah, sementara 40 orang lainnya meninggal dunia. Dari jumlah itu, ada 6 orang masih sangat kanak-kanak, termasuk Saddam Husein (7 tahun) menjadi korban kebuasan aparat negara.

Sementara data yang dikeluarkan Koalisi NGO HAM Aceh, menyebutkan sekitar 46 orangmeninggal (dua orang meninggal ketika menjalani perawatan di RSUZA Banda Aceh), sebanyak 156 mengalami luka tembak, dan 10 orang hilang dalam insiden tersebut.

Meskipun banyak pihak melupakan peristiwa itu, tidak bagi para korban. Jamaluddin, misalnya, sampai sekarang masih terkenang dengan tragedi paling kejam dalam hidupnya. Jamal, kelahiran Sawang, Aceh Utara mengisahkan, bahwa saat peristiwa itu terjadi, dirinya melihat banyak sekali korban tembakan yang rubuh. Jamal juga mendengar jeritan tangis dari para ibu dan bapak yang melihat warga tertembak.

Jamal sendiri mengaku, saat tragedi itu, tubuh-tubuh warga yang kena tembakan jatuh menindihnya. Dengan sisa tenaga yang ada, mayat-mayat diambil dan diletakkan di tempat yang layak. Jamal mengaku, tak tahu harus berkata apa saat itu. Jamal, sendiri luput dari maut.Jamal berharap Pemerintah Aceh tidak melupakan peristiwa itu. Kalau memang ini pelanggaran HAM, pelakunya harus diadili. Karena itulah keadilan bagi korban.


Kronologi Peristiwa

Sebelum Kejadian

Jumat malam, 30 April 1999, Sekitar jam 20.30 WIB masyarakat Desa Cot Murong, Kecamatan Dewantara, mengadakan rapat akbar untuk memperingati 1 Muharram yang bertepatan dengan 30 April 1999. Oleh pihak keamanan, peringatan 1 Muharram yang biasa diselenggarakan oleh masyarakat Islam di manapun di seluruh Propinsi Aceh, disebut sebagai ceramah Gerakan Aceh Merdeka (GAM).



Lalu muncul kabar bahwa seorang anggota TNI dari kesatuan Den Rudal 001/Pulo Rungkom berpangkat Sersan, bernama Adityawarman, hilang saat melakukan penyusupan di tengah kegiatan ceramah (Keterangan Kapuspen TNI, nama anggotanya yang hilang itu adalah Sersan Kepala Edi, dari Den Rudal 001/Pulo Rungkom, Aceh Utara).

Tidak jelas apakah anggota TNI itu benar hilang atau terjadi berbagai kemungkinan lainnya, tetapi yang pasti tidak satupun dari penduduk yang mengetahui keberadaannya. Dan yang pasti lagi, malam itu tidak terjadi apa-apa yang berarti di Desa Cot Murong.

Sabtu malam, 1 Mei 1999

Sebuah truk militer dari kesatuan Den Rudal 001/Pulo Rungkom berputar-putar dikawasan Desa Cot Murong dengan aktivitas yang tidak jelas, tetapi hari itu tidak terjadi apa-apa.

Minggu pagi, 2 Mei 1999



Mulai pukul 05.00 WIB pasukan Den Rudal 001/Pulo Rungkom mulai melakukan operasi di kawasan Desa Cot Murong. Pada minggu pagi itu masyarakat sedang melakukan persiapan pelaksanaan kenduri memberi makan untuk anak-anak yatim sehubungan dengan pringatan 1 Muharram yang dilaksanakan sejak Jumat malam sebelumnya. Masyarakat memotong 4 ekor lembu di halaman Masjid Al-Abror, Cot Murong.

Pada saaat itulah, sekitar jam 11.00 WIB datang pasukan Den Rudal ke tempat kenduri dan dengan dalih menanyakan anggotanya yang hilang sehari sebelumnya mulai memuli warga setempat. Dilaporkan, waktu itu ada tidak kurang 20 orang yang dianiaya oleh anggota TNI tersebut. Praktek kekerasan dan penganiayaan dengan bertindak kasar, menampar dan memukuli hingga cedera, telah terjadi.
Ketika sedang melancarkan aksinya, penduduk sempat mencatat kata-kata yang dikeluarkan para anggota TNI yaitu "AKAN KAMI TEMBAK SEMUA ORANG ACEH APABILA SEORANG ANGGOTA KAMI TIDAK DITEMUKAN".

Menyadari kondisi yang mulai mencemaskan tersebut kemudian para warga dari Desa Murong dan desa-desa tentangga seperti Desa Lancang Barat, Kecamatan Nisam dan Paloh Lada, yang terdiri dari pemuda, wanita, orang tua serta anak-anak berkumpul untuk mencegah kemungkinan penganiayaan lebih lanjut, apalagi aparat militer telah mengeluarkan ancaman yang cukup menakutkan.

Tiba-tiba, pada pukul 13.00 WIB datang lagi pasukan tambahan yang terdiri dari 7 truk anggota TNI ke lokasi kenduri. Melihat itu, masyarakat yang telah berkumpul dari berbagai penjuru Kecamatan mencoba menghadang.

Tepat pukul 14.00 WIB terjadi negosiasi (membuat perjanjian) antara masyarakat Kecamatan Dewantara dengan Danramil Kecamatan Dewantara yang diketahui pihak MUI Kecamatan, yang isinya: "TNI tidak akan datang lagi ke Desa Cot Murong dengan alasan apapun".

Saat Kejadian

Minggu malam, 2 Mei 1999. Masyarakat desa mengetahui adanya penyusupan anggota TNI antara jam 20.00 WIB sampai dinihari ke Desa Cot Murong dan Desa Lancang Barat. Bahkan penduduk pun mengetahui adanya sebuah boat yang diperkirakan milik militer berupaya untuk melakukan pendaratan di pantai Desa Cot Murong, namun batal karena terlanjur diketahui oleh warga setempat. Sampai waktu itu tidak terjadi apa-apa, namun kecemasan penduduk semakin memuncak, dan sejak saat itu mereka semua mulai berkumpul sampai Senin pagi.



Senin pagi, 3 mei 1999.

Tepat pada pukul 09.00 WIB, 4 truk pasukan TNI datang lagi memasuki Desa Lancang Barat, desa tentangga Cot Murong. Massa rakyat yang berkumpul merasa cemas dan mulai mempersenjatai diri dengan kayu dan parang (tanpa senjata api). Lalu datang Camat Dewantara, Drs. Marzuki Amin ke Simpang KKA dan mulai melakukan negosiasi dengan aparat TNI. Aparat berkeras dan negosiasi mentok. Camat tetap berpegang kepada perjanjian terdahulu yang telah disepakati oleh masyarakat dengan Koramil Dewantara yang intinya pihak TNI tidak lagi melakukan kegiatan operasi di daerah mereka. Negosiasi itu beralangsung cukup lama. Waktu sudaah menunjukkan hampir jam 12.00 WIB.

Untuk menunjukkan kesungguhan hati dan permohonan yang sangat besar agar pasukan segera ditarik dan pihak TNI menghormati perjanjian yang telah dibuat, Camat Marzuki Amin sempat mencopot tanda jabatan dari dadanya. Tetapi malah sang Camat kemudian dipukuli oleh tentara.

Pada saat itu tiba-tiba satu truk milik TNI bergerak dan sambil berlalu, dari atas truk para tentara melempari batu ke arah masyarakat, dan masyarakat yang terpancing balas melempari batu ke atas truk. Pada saat yang hampir bersamaan juga seorang anggota tentara berlari kearah semak-semak dan masyarakat yang terpancing mengejarnya. Tiba-tiba dari arah semak itu terdengar satu letusan senjata. Letusan senjata itulah yang seperti sebuah "komando" disusul oleh rentetan serangan. Pembantaian segera dimulai. Tepat jam 12.30 WIB.
Saat Kejadian.

Pukul 12.30 WIB, Suara gemuruh dan teriakan manusia memenuhi Simpang KKA. Ribuan orang berlarian menghindari serangan dari TNI. Dua wartawan RCTI (Umar HN dan Said Kaban) yang kebetulan sudah berada di tempat itu sempat merekam moment-moment penting yang terjadi baik dengan foto atau video. Dapat dikatakan, hasil rekamannya itu menjadi salah-satu bukti yang paling akurat dan tidak mungkin dapat dipungkiri tentang bagaimana peristiwa yang sebenarnya.



Tembakan yang dilakukan tanpa peringatan terlebih dahulu dan dengan posisi siap tempur. Tentara yang dibagian depan jongkok dan yang berada pada barisan belakang berdiri. Selain itu, tentara yang berada di atas truk juga terus melakukan tembakan sambil melakukan gerakan-gerakan tempur. Saat itu penduduk yang tidak lagi sempat lari melakukan tiarap tapi terus diberondong.

Selain melakukan tembakan kearah masa, TNI juga mengarahkan tembakan ke rumah-rumah penduduk, sehingga banyak warga yang sedang di dalam rumah juga menjadi korban. Bahkan mereka mengejar dan memasuki rumah-rumah penduduk dan melakukan pembantaian di sana.

Ketika melakukan tembakan para anggota tentara itu juga berteriak-teriak. Kalimat yang paling sering diucapkan adalah "Akan kubunuh semua orang Aceh". Dalam aksi pembantaian tersebut, 45 jiwa Tewas di tempat, 156 lainnya Luka-luka kebanyakan karena luka tembak, dan 10 diantaranya Hilang sampai saat ini tidak tahu keberadaannya. Banyak penduduk yang sudah tertembak dan tidak bisa lari lagi masih terus diberondong oleh tentara dari belakang. Mereka benar-benar melakukan pembantaian seperti sebuah pesta.

Sumber: Koalisi NGO HAM Aceh - Atjeh Cyber Warrior

Comments
143 Comments

143 Response to "KRONOLOGI TRAGEDI BERDARAH SIMPANG KKA"

  1. Si Wonk Said,

    Kruseumangat...
    Ya Allah ya rabbi...
    Ngen ie mata lon baca...

     

  2. TAUFIK Said,

    cerita nya tdk benar begitu warga mau demo tni mengamankan tph ada orang gam(gerakan aceh mardeka)yang menembak di belakang dan GAM menjadikan nak kecil dan ibu2 jadi benteng di barisan depan buat melancarkan aksi gam tersebut dengan tujuan referendum........

     

  3. Bgaimana pun ttap nmany sejarah itu di buat oleh tangan dan cerita mnusia, dan alam hanya saksi bisu yg mngkin bisa dirubah oleh manusia.
    HATI-HATI MENULISKAN SEJARAH

     

  4. Anonymous Said,

    yang mna yg betul cerita nie..

     

  5. Putra Aceh Said,

    Jeritan sejarah yang kini membisu... Hanya Allah yang tau dan yang bisa membalasnya.

     

  6. Anonymous Said,

    Semoga pelakunya diberikan balasan yg setimpal atas perbuatannya !

     

  7. ringgopisces Said,

    bagaimanapun ceritanya meskipun ada gam di balik masyarakat, tetapi TNI sebagai prajurit yg terlatih...tidak boleh melepaskan tembakan menyerang di tengah tengah kerumunan masyarakat...smoga mereka yang menjadi korban dapat tempat terbaik di sisi Allah Subbhanallah wata'ala....Amiin

    Assalamu'alaikum.salam dari anak jawa

     

  8. ringgopisces Said,

    bagaimanapun ceritanya meskipun ada gam di balik masyarakat, tetapi TNI sebagai prajurit yg terlatih...tidak boleh melepaskan tembakan menyerang di tengah tengah kerumunan masyarakat...smoga mereka yang menjadi korban dapat tempat terbaik di sisi Allah Subbhanallah wata'ala....Amiin

    Assalamu'alaikum.salam dari anak jawa

     

  9. ringgopisces Said,

    bagaimanapun ceritanya meskipun ada gam di balik masyarakat, tetapi TNI sebagai prajurit yg terlatih...tidak boleh melepaskan tembakan menyerang di tengah tengah kerumunan masyarakat...smoga mereka yang menjadi korban dapat tempat terbaik di sisi Allah Subbhanallah wata'ala....Amiin

    Assalamu'alaikum.salam dari anak jawa

     

  10. Anonymous Said,

    itu hanya alasan ,,sbtulnya kesempatan untuk membunuh bangsa Aceh,,,

     

  11. Anonymous Said,

    hiks.. hiks...
    waktu itu sya msh sekolah dasar kelas 5...
    hmm
    msh ingat kjadian nya...
    tragis, smpai2 smpg KKA terlihat menyeramkan dan byk orang yg kemasukan...
    :(

     

  12. Anonymous Said,

    aceh gembel,..untung nggak mati lo di kasi tsunami

     

  13. arizal Said,

    pken meunan akai manusia biadab nya..
    pue hana pendidkan awaknyan..?

     

  14. Anonymous Said,

    pa'i jawa... beuna ka teupu aneuk yatim aceh siap dijep darah awak kah...

     

  15. Anonymous Said,

    sesungguh nya kematian itu milik allah..dan kita kembalikan semua hal kepada allah..karena allah maha mengadili orang2 yang membunuh sesama manusia yang seiman dengan seadil-adilnya.

    aneuk aceh

     

  16. ZIA Said,

    This comment has been removed by the author.

     

  17. beni Said,

    Copy paste dr mana ya?

     

  18. Beni : Sumber: Koalisi NGO HAM Aceh - Atjeh Cyber Warrior

     

  19. Anonymous Said,

    Semoga yang mati semua syahid di jalan Alloh SWT karena di dzolimi aparat....dan aparat sekarang tidak seperti aparat ORBA, aparat sekarang ada kontrol...karena kami di jawa juga dulu di dzolimi...dari anak jawa

     

  20. ku preh keuh bak uroe kiamat

     

  21. itu lah zionisme yang dilakukan oleh (TNI)jawa makanya aku paleng benci sama yang nama jawa

     

  22. Anonymous Said,

    Bit biadap aparat binatang....Hana rasa kaseh sayang...Tuhan kutuk si pa i..

     

  23. Anonymous Said,

    semua yang di beri adalah cobaan, Lon anek aceh,, jadi ta syukuri pu yang ge bri le po te Allah..
    bangsa aceh masa nya kuat, maka nya ge beri cobaan lage nyan rupa,
    dan mungkin cobaan nya han sanggop ke bangsa2 laen..
    Allah hu 'Alam

     

  24. ahmad fakar Said,

    ``memang sungguh kjam dari binatang.
    kisah yang sangat menyayat hati dan takkan terlupakan yang menimbulkan pilu berkpanjangan,harus mnjad pljaran bagi aparat shingga takkan terulang kjadian serupa dimasa datang.

     

  25. Anonymous Said,

    stop mau kita anak jawa anak aceh kita bersama satu saudara dari adam dan hawa apapun bangsanya daerahnya bahasanya kita tetaplah manusia biasa

    yang seharusnya disalahkan bukanlah para tentaranya tetapi para pemimpin yang membiarkan hal itu semua terjadi di saat aceh sedang berduka justru pemimnpin di dewan yang terhormat tidak mengambil langkah yang tepat buat mengatasi persoalan rakyat aceh

    malahan justru sibuk dengan gelimangan harta korupsi yang semuanya diambil tanah negeri aceh tanpa memikirkan kesejahteraan rakyat aceh yang menimbulkan kecemburuan sosial bagi sebagian rakyat aceh

    sebagai kenangan hal ini jangan dilupakan kini saatnya kita membangun negeri aceh lebih baik dari sebelumnya

    jaga perdamaian ini lupakan masa lalu yang kelam jadikan pembelajaran agar tidak terulang lagi di masa depan

    wassalam dari anak aceh

     

  26. Anonymous Said,

    tdi yg ngmentrn aceh gembel ,, woy siapun itu klian msti beryukur krna hsil gas yg trdpt di aceh mlmpah mka nya persediaan gas mnckupi smpe thn 2050 ,,, ko hdup dr darah kmi ga usah bangga kau

     

  27. Anonymous Said,

    ya ampuun,,,sadis'a
    merinding waktu ngebaca'a,benar-benar manusia yang tidak punya hati nurani,.
    moga za kedepan'a gak ada lagi kejadian kejadian seperti ini,,
    Aceh lon sayang maju terus,,.jangan ada lagi kekerasan di Bumi Aceh tercinta ini.

    UlLy Inong Aceh

     

  28. Anonymous Said,

    aku bangga jd anak aceh, biar pun m2 ku bkn org aceh, tp ayh ku asli org aceh utara, aceh kaya akan alam nya, seharus nya kita berbangga n menjaga nya, bukan malah merusak nya dengan menumpah kan darah, semoga mereka yg telah tiada diterima disisi ALLAH SWT.

    amiinn.

     

  29. lae togar Said,

    banyak kali cerita kau lae. maccam betul aja semunya. yang pasti ada lah bumbu-bumbu belasannya. yg pasti gaklah semunya benar. jujurlah...... nanti Allah SWT marah lagi sama lae. suka nukar nukar info

     

  30. Anonymous Said,

    janganlah mebuat komentar yg ngga2,kmi ingin hidup aman dan damai.ORANG ADA MASA,MASA ADA ORANG

     

  31. Anonymous Said,

    tolong jangan nyampah yg mengatakan "aceh Gembel" . ^_^

    tanpa sejarah dari aceh,keturunan kamu itu hanya akan menjadi sampah !!! tau apa kmu dengan sejarah ??? Tau apa kamu tentang aceh ??
    kejadian yg terjadi disimpoang KKa adalah benar demikian seperti yg tertera pada di atas .
    saya orang terdekat simang KKa (kertas kraft aceh). Kalian yg tidak tau,hanya bisa menuduh yg bukan2. persoalan di awal saja kalian tidak tau. tragedi itu,hanya sebagian kecil pembantaian dengan dalih bahwa aceh yg salah,karena sejak lama suda ada pembantaiian yg serupa. lhokseumawe,gampoeng rancoeng,dikawasan tersebut pernah sibantai orang aceh dan di kubur hidup2 semasa DOM (daerah operas militer). sejarah tidak bisa dilupakan sahabat. kalian benci aceh,kalian juga benci kehidupan kalian. aceh ,permulaan berdirinya kejayaan nusantara. "jangan mengusik kami para rencong" !!!! terimakasih.

     

  32. Anonymous Said,

    peu nyoe ureung awak TNI nyan, kadang cit bui

     

  33. Anonymous Said,

    tni babi!

    Tuh di pantai rancong, dekat pos marinir, ada kuburan massal korban DOM! Kalo gk percaya, silahkan datang sendiri. Bktikan. Dr google maps pun bs di zoom. Darah para syhada di dinding pos marinir (dulunya dijadikan pos sattis kopassus), pun masih berbekas walaupn sdh disemprot pakai cat pilox oleh tni utk menutupi aksinya.

    simpang KKA, rumoh Geudong, bukit tengkorak, merupakan saksi nyata kebiadaban TNI.

    Trik genoside TNI di simpang KKA jg sgt dungu!!!
    sudah buat perjanjian, tpi disalahi. Malah ngedrop pasukan dr laut. Ada mata2 tni lgi pas lagi kenduri. Urutan saf tni saat melakukan penembakan, mata2 yg lari, negosiasi yg sengaja di ulur2, kejadian yg tiba2 dan sangat sempurna, merupakan bukti kuat praktek genoside oleh tni yg sdh direncanakan jauh2 hari.

    Dasar tni dngu. Trik kek gitu pun mw di bela. Dah ketauan semuanya tau!

    Orang2 di luar aceh gk tau apa2 sama keadaan di aceh. Jd, gk usah banyak ngomong kalian orang luar aceh!

     

  34. Anonymous Said,

    sejarah buruk pembantaian seperti begitu pun kalian masih tdk bisa mengeluarkan sepatah kata maaf,, alih-alih malah membenarkan diri dng mengatakan info ini tdk benar, ceritanya bukan begitu dll,, apapun alasannya,, aparat tau bahwa orang sipil yg terjebak di tengah konflik tidak boleh dihujani tembakan spt itu,, akuilah kesalahan,, jadilah kesatria yg sebenarnya,, jangan cuma patung2 dan jargon2 di pangkalan kalian yg menunjukkan hal itu sementara mental kalian yg keluar dari situ tdk pernah berubah...!!

     

  35. Nasir Muksir Said,

    kamo ureung aceh hana pernah tuwo keu sejarah....darah ureung aceh adalah darah bangsa kamo..yg hana mungken kamo lupakan...kamo warga aceh utara...cukop meudarah hate kamo wate mengenang tragedi Sp.KKA,ureung aceh ureung yg terhormat..ureung yg beuhe...yg jithe le kaffe belanda...,ureung aceh ithe beuhe wate sultan iskandar muda...,tpi Wate sp.KKA ureung aceh talo ngen tentara krna awak nyan pakek senjata..,tpi ci menye awak nyan hana beude..mandum tentara jeut gese uluwa...umum jih mandum jawa remok muka...saleum lon keu rakan2 aceh yg setia By Putra Aceh Utara

     

  36. asasalamualaikum. kalaw dulu si daud bereueh gak ngotot bela RI,MUNGKIN SEJARAH ACEH TIDAK SEPAHIT INI.toh gam gerakannya juga mengikuti jalan pikiran cumbok.cara pikir si anak budak daud bereueh tidak terjangkau olehnya cita cita merdeka ala cumbok yang dah diperjuangkan oleh para endatu kita kita dulu mula pertama lawan holand.jadi semua kesalahan itu ada pada si daud bereueh turuanan budak thai tersebut maklum lah turunan daud bereueh kan bibit maninya gak jelas trim,s. wassalam.

     

  37. Anonymous Said,

    aceh lon sayang.barang siapa yang mengejek dan menjelekkan aceh adalah yahudi ala suharto bajingan

     

  38. jemi_231 Said,

    masa lalu adalah sejarah..kenangan yang baik perlu diteruskan,kenangan buruk mari sama2 kita jadikan pelajaran untuk tidak terulang ke depan..
    lepas dari (si)apa yang salah, (si)apa yang benar,hendaknya kita belajar untuk saling memaafkan,redam semua emosi,tatap masa depan dengan penuh pengharapan bahwa aceh lon sayang masih akan tetap di hati kita bersama..
    jangan ada lagi tumpah darah, jangan ada lagi sumpah serapah..
    ganti tangisan lara dengan canda bahagia..
    mari sama2 kita berjuang untuk membangun nanggroe tercinta..
    (ga terasa netes air mata saya waktu menulis ini,saya bukan orang aceh, ga ada sama sekali darah keturunan aceh, hanya seorang pendatang yang menumpang hidup sementara di nanggroe tercinta...tapi saya tau,aceh bisa maju kalo kita mau..aceh lon sayang*backsound:seulanga-rafly)

     

  39. Bahar Said,

    Kapan Pengadilan HAM akan diujudkan di Aceh .... padahal MoU Helsinki mengamanatkan itu, Mengapa pemimpin Aceh setelah 7 tahun lebih tak perduli ttg. hal ini,merekan tak serius menuntut Jakarta untuk mrealisasikan pengadilan HAM di Aceh Eksekutif dan Legislatif hanya memikirkan kekayaan/Jabatan pribadi bohong kalau mereka bilang mikirin rakyat....7 tahun, itu buktinya

    Bahar Aceh Utara

     

  40. Anonymous Said,

    ANJING KAU MEMPOSTING TULISAN INI!!!ACEH BABI!!!!MASIH BELUM KAPOK KAU DISIKAT TSUNAMI??????PAKAI BIKIN CERITA BOHONG LAGI!!!

     

  41. Anonymous Said,

    KEJADIAN SIMPANG KKA TIDK SEPERTI ITU SEBETULNYA!!!TULISAN DIATAS ADALAH FITNAH !!!KALIAN MENJELEK JELEKKAN APARAT,,,,DASAR BABI SEMUA KAU!!!ANJING KAU KOMNAS HAM,KONTRAS,,,,,BIJI KONTOL SEMUA KALIAN PEMUJA GAM ACEH!!!!!!PAKMA KAH ACEH PUNGO!!!!!

     

  42. Anonymous Said,

    SEMOGA MAMPUS KALIAN SEMUA KONTRAS KOMNAS HAM KAFIR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     

  43. Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un....




    Blog kota banda aceh
    (Kumpulan Berita, Data, dan Foto tentang Kota Banda Aceh dan Provinsi Aceh Terlengkap)

     

  44. Anonymous Said,

    peace on earth. i hope no more blood of innocent people flowing in this earth. for what happened in simpang kka, lets God punish everyone who made that terrible deeds, and let us praying for all innocent victims...

     

  45. Anonymous Said,

    buat yg ngatain aceh babi,,
    hati2 lo bicara,,

    ACEH LON SAYANG !!!!

     

  46. Anonymous Said,

    GAM AKAN BERDIRI LAGI>>AKAN MEMBALAS KEKJAMAN TNI JAWA>>>DARAH DI BALAS DALAH>>TNI NGOMONG AJA HARGA MATI>>TAPI CULUN

     

  47. Anonymous Said,

    Assalammualaikum salaeum lon tuan dari Geulanggang Kulam keu mandum syedara. bacut nasehat u lon bithe bek le ditipee le Iblis donya, di peulalo geutanyo uro ngen malam tinggai seumbahyang peuseutot Donya. Beudoh Mandum alah hai rakan hijrah keu Tuhan Allah karonya. seugolom mate meubek le teulat takot meukarat dalam kurunda. Lam padang masya uro that tutong gata beumufhom so tulong hana.

    watee di donya bek le that lalee hana peureule udep teuh siat. bek gadoh fitnah dum inong balee bek gadoh tuggee ata yang hana. bek mita pake sabee keudro dro geutanyo rugo salah ngen Tuhan.

    meumada oeh no haba nasihat u lon peu intat nibak malamnyo, moga tuhan neubi beureukat keu edep siat didalam bumo


     

  48. aneuk aceh Said,

    re: [KEJADIAN SIMPANG KKA TIDK SEPERTI ITU SEBETULNYA!!!TULISAN DIATAS ADALAH FITNAH !!!KALIAN MENJELEK JELEKKAN APARAT,,,,DASAR BABI SEMUA KAU!!!ANJING KAU KOMNAS HAM,KONTRAS,,,,,BIJI KONTOL SEMUA KALIAN PEMUJA GAM ACEH!!!!!!PAKMA KAH ACEH PUNGO!!!!! ]

    benci sama aceh tapi ngatain aceh pake bahasa aceh, kiban nyan.

     

  49. Anonymous Said,

    re: [ANJING KAU MEMPOSTING TULISAN INI!!!ACEH BABI!!!!MASIH BELUM KAPOK KAU DISIKAT TSUNAMI??????PAKAI BIKIN CERITA BOHONG LAGI!!!]

    kenapa emangnya kalau sejarah ini diposting? masalah? takut kebongkar rahasia?

     

  50. Anonymous Said,

    apa yang diperebutkan....??? bumi ini sudah tua,,,,tinggal nunggu waktu nya.........??? apakah bumi ini milik suatu kaum kah ???

     

  51. Anonymous Said,

    baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah...tidak baik menurut kita bisa jadi menurut Allah itu baik.Pembunuhan adalah kekejaman....kita tidak bisa memilih jadi suku apa dan dilahirkan dimana saat di lahirkan.

     

  52. Anonymous Said,

    semua tentang tulisan itu bener2 m'buat saya terharu. tapi mslah cerita tu bener apa gaknya, hanya Allah & org2 yg ada pada saat k'jadian tersebut yg lebih mengetahui.
    jd utuk kt semua yg gak tau pasti tentang cerita ini, saya rasa lebih baik kt (org aceh) banyak2 berdo'a aja, semoga kejadian seperti ini gak menimpa kt lagi & semoga kt slalu dalam lindungan Allah SWT.
    dan 1 lagi yg hrus kt ingat, orang aceh kebanyakan org islam (bisa gak da yg non muslim)
    jd kt juga sama tau klo islam tu cinta damai, gak da istilah ejek-m'ngejek dlm islam.cntoh@ Rasulullah sbg tauladan kt yg gak pernah membalas setiap ejekan/perlakuan yg gak baik kaum nasrani, tapi Beliau malah membalas dgn senyuman & kebaikan2 lainnya.
    jd yg lalu biarlah jdi kenangan untuk kita bisa memperbaiki diri d'masa sekarang.
    "HIDUP ACEH, MAJU TERUS PANTANG MUNDUR"

    putri aceh :)

     

  53. berbau Devide at Impera...
    siapakah yg diuntungkan dari perpecahan dan pertikaian ini...?

    Atjeh sangat kaya sumber daya alam-nya, Atjeh sangat berjasa dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Atjeh sangatlah berharga bagi bumi Indonesia.

    oleh karenanya, cerdaslah wahai anak atjeh, berjayalah wahai anak atjeh dan berprestasilah agar kalian dapat melakukan perubahan dan kemajuan bagi tanah Rencong.

    bukan dengan melakukan perlawanan terhadap sistem, tetapi jadilah bagian dalam sistem tersebut dan ubahlah alur sistem itu dengan tekadmu. jangan jadi ekor jadilah kepala..


    salam dari anak INDONESIA

     

  54. Anonymous Said,

    Jangan guna name aceh.bajingn kau jawa.lahir dari benih babi

     

  55. anti jawa/anti indonesia Said,

    Yng ngatain aceh babi apa kau tidak th kalo bukan karna aceh ,indonesia goblok kau itu ga'kan pernah ada.selidiki dong sejarah bgaimana dan karna siapa indonesia jawa itu ada.aceh ga'butuh indonesia.tpi indonesia jawa gembel kau yg butuh aceh.kalo ga'da aceh kau dan nenek moyangkau akan jadi budak belanda seumur hidup tau?(jadi tukang cuci cebok belanda ha..ha..ha..).

     

  56. putra aceh di jerman Said,

    Insya allah gam msi ada.gam gak pernah bubar karna gam adalah rakyat aceh.(tanyo mandum gam).siap kalian nnti kalo tiba masanya kami bangsa atjeh akan membalas hbis2an.insya allah.HUTANG NYAWA HARUS DI BALAS NYAWA.kami akan tuntut nywa kalian suatu saat nnti.

     

  57. @@ Said,

    Apa yg di tulis di atas tu bener adany giatno.kalo kamu ga'percaya datang dan buktikan sendiri di aceh.mulut bisa bohong,tapi hati gak pernah bohong.kejadian itu memang bener.bahkan lebih banyak lg kejadian2 laen di aceh.(pembataian rakyat aceh).

     

  58. Anonymous Said,

    Tapi kenapa penduduk yg sedang meniarap pun masi di tembak TNI?.Gak ada gam waktu kejadian itu.kamu jgn ngada2 cerita .saya salah seorang penduduk yg selamat waktu kejadian itu.

     

  59. Anonymous Said,

    Teruskan menulis BANG BAKA .kebenaran tetap harus di tegakkan.

     

  60. jery fify Said,

    maaf Anonymous tu siapa ya....
    kok trkadang tulisnnya menghina bngsa aceh,,,
    terkadang juga memuja bangsa aceh mana yng betol ni... :/

     

  61. reza fuady Said,

    biar allah yh akan membalasnya,,,,
    karna pembalasan dari allah lebig perih dari apapan yg ada didunia.

     

  62. Anonymous Said,

    cerita diatas itu fitnah.....
    jangan mudah terpancing

     




  63. kejadian yang sungguh menakjubkan:(

     

  64. wow. sungguh luar biasa..

     


  65. Anonymous Said,

    buat apa cerita bohong ini dibuat untuk memanas-manasin org aceh. kalian org aceh lah yg tau kebenaran ceritanya. bijaksanalah menyikapinya, allah maha adil jika kalian meyakininya. siapa yang berbuat zholim akan menerima akibatnya...

     

  66. Anonymous Said,

    yang ngatain aceh anjing kayaknya keturunan anjing ya.....

     

  67. Anonymous Said,

    yang ngatain aceh anjing kayaknya keturunan anjing ya....karena hanya yang berdarah anjinglah yang bisa mengetahui yang mana anjing yang mana tidak....kami orang aceh bukan anjing sobat...kami manusia....salah liat anda

     

  68. Anonymous Said,

    meunyoe hana kapateh nyoe cerita asli
    aci kabuka bak you tube,na pue han
    jawa bui nyan memang hanjeut tacok keu bijeh
    lage aneuk bajeung dum si PAI

     

  69. Anonymous Said,

    YA ALLAH...
    neubrie beu luwah kubu keu mandum korban KKA
    semoga ubena si PAI yang tembak ureung nyan beu neubrie balasan yang setimpal....
    neubrie beu pungo ih mandum si PAI nyan

     

  70. Anonymous Said,

    aku saksi hidup kejadian simpang KKA, kalo ngak slah aku masih kelas 5 MIN (Lancang Barat). sekolah tiba-tiba di bubarkan, semua warga di suruh ngumpul ke cot MURONG, termasuk anak-anak dan ibu-ibu. malam kejadian, semua lelaki remaja dan dewasa patroli, dari krueng geukeh sampe BUNGKAIH(tempat aku tinggal). begitu semua dah sampe ke cot murong kami di antar dengan mobil ke simpang KKA. aku berada di barisan terdepan saat penembakan, alhamdulillah ngak kena peluru, disamping aku ada wartawan, yang berdiri diatas meja. yang gila nya aku ngak tau itu suara tembakan, tau-tau nya orang dah pada mati, ntah siapa dorong aku, sampek kejatuh, begitu lihat banyak darah aku baru lari. sampek aku tersesat entah kemana, yang lucu nya sempat nyasar ke pesta perkawinan, yang ngak da tamu nya. SAMPAI SEKARANG AKU BELUM TAU SEBAB KENAPA TERJADINYA TRAGEDI SIMPANG KKA), jangan sampai kejadian masa lalu menjadi dendam di antara kita.

     

  71. anak aceh Said,

    Masya Allah,sudah lah aceh diberi cobaan dgn di disiksa,dianiya,dibantai,trus di fitnah bikin cerita bohong,dimaki2 pula...
    Yg ngatain aceh dengan kata2 keji dan kotor mencrminkan kerendahan ahlak dan moral...ga ush mencaci maki laaah,dah kliatan dari bhsa tulisan nya bahwa si pencaci maki itu adalah orang yg ga bermoral.. Semoga Allah membalasNya dgn hukuman yg setimpal bagi pelaku kedzoliman yg membantai maupun yg menghina Aceh...aamiin..

     

  72. anak aceh Said,

    Biarpun saya tidak fasih bahasa aceh tp saya tetap bangga dgn kampung halaman yg selalu saya rindukan,semoga Aceh tetap dan terus berjaya..aamiin

     

  73. yoga.hadi Said,

    Jadi semua orang jawa adalah musuh bersama orang2 aceh Y? sampai2 digeneralisir dan disamakan begitu saja,, padahal tentara2ny juga banyak dari aceh sendiri, dan orang2 jawa juga bnyak yang tidak setuju dengan pembantaian dan penindasan di aceh,,orang aceh dan jwa juga sesama muslim.. bagi yang mengina2 orang jawa juga harus dipertanyakan keislamannya masa sesama muslim saling menghujat?? jangan ngaku2 muslim klo masih menganggap kesukuan lebih tinggi daari seruan ukhuwah dalam keimanan,, KTP doang islam klo gitu tapi ga paham ajarannya..

     

  74. yoga.hadi Said,

    korban ketidakadillan memamng banyak mengumbar benci dan membiarkan kepicikan pikiran menguasai dirinhya, Rakyat aceh memang sudah banyak didzalimi pemerintahan pusat dan itu juga yang terjadi di beberpa daerah lainnya, Yang dilihat sebenarnya bukan hegomoni kesukua. Hal itu isu purba untuk orang2 yang pikirannya ketinggalan zaman karena sekarang kepentingan dan kekuasaan sudah tidak terbatas pada kesukuan lagi,, primordialisme itu paham primitif apalagi klo fanatik sekali,, hehe Lebih baik jika mengidentifikasi musuh sebenranya yaitu oknum2 yang bermain dan mengambil keuntungan dari tregedi itu baik dari TNI,, atau pihak2 lain karena dalam konflik banyak silangan dan benturan kepentingan serta perbutan pengaruh, lagipula jika perang antar suku atau sesama ummat beregama terjadi maka itu kebodohan yang jadi bahan tertawaan dan kesenangan pihak2 tertentu.. Mau jadi orang bodoh yang mudah diadu domba??

     

  75. Anonymous Said,

    militer terlatih dan gam terlatih.
    sipil yg tidak terlatih jd korban.
    siapa yg benar?
    hanya kesombongan dan arogansi masing-masing yg mampu menjawab.

     

  76. Anonymous Said,

    Sejarah memng hrus dberitakn agr qt bs bljar dr sejrah,nmun jgn menyajikan sejrah yg tlah dcmpur adukan dgn provokasi itu brtujuan menciptkan konflik br,ingat saudra klu pech perng etnis qt smua jg yg rugi..pkirkan lg dmpak dr memprovokasi sejarh...

     

  77. Anonymous Said,

    gw dr jakarta....salam damai buat yg di acehh...
    turut bela sungkawa ngebaca tulisan diatas...
    gw jg ga ngerti yg sesungguhnya terjadi ky apa..tp gw prcaya tulisan di atas..
    gw cm mau pesenn...buat MASYARAKAT NEGRI INI!" brsatu adalah jaln satu2nya...negara qta sedang di susupi dunia luar!!politik adu domba sedang mereka terapkan!baik dr segi konflik agama sampai ras dan suku!APARATUR NEGARA dan seluruh masyarakat yg membaca ketikan ini...bersatulah kaliannnn.....bangsa qta sedang di susupiiii...skali lg ...di susupii...dunia luar khususnya dunia barattt sangat iri dg bangsa qta yg kaya akan kekayaan alam dan semangat persatuan dan kesatuan.
    para pemimpin qta pun spt kehilangan taring!!karan intervensi dunia luar!
    buka lah pintu maaf...bukalah mata hati kaliann...negara qta sedang di susupi oleh dunia luar yg sangat ingin mnjatuhkan bangsa ini...mereka akan terus menerus membuat qta semua saling hujat,saling dendam dan terpecah belahh...sampai tanpa qta sadari semua..apa yg seharusnya milik qta,sudah ada di tangan mereka dan anak cucu mereka...
    ingat!!YAHUDI dan kroni2nya adalah musuh terbesar seluruh umat manusia!!karna mereka adalah pengikut stia dajjjal!!!

     

  78. Anonymous Said,

    tidak semua TNI darii jawa yg sepertii itu.! banyak pula be darii ACEH.! so jangan cakap yg tidak2 bro.! macam tak ada etika kle kau.! sudah jelas2 TNI hanya menayakan salah satu personil nya (HILANG) dan wajar2 saja TNI Sweeping untuk mencarii anggota nya yg hilang.!

    TNI JUGA MANUSIA.!! TNI TIDAK SEPERTI YANG KAU PIKIRKAN (KATAKAN).! JAGA ITU LISAN KAU.! YANG JELAS TNI BUKAN HANYA DARI JAWA.! ACEH PULA BE BANYAK.! SO JANGAN SALING MENGHUJAD.!! THANK YOU..

     

  79. Anonymous Said,

    Menyankan anggotanya yang hilang itu hanya trik doang...
    Dasar sipai pukoma..hana utak pantekmak kah,,
    jawa paleh nyan

     

  80. Anonymous Said,

    Sibak rukok teuk..............

     

  81. Anonymous Said,

    kebiadaban bangsa indonesia jawa belanda terhadap atjeh sudah seharus HAM d tegakkan..indon negara penghisap darah

     

  82. Anonymous Said,

    indonesia bermuka manis berhati iblis

     

  83. Anonymous Said,

    Cobalah berpikir lebih komplek dan menyeluruh...jangan subjektif...masyarakat, GAM, dan Aparat tewas dalam sepanjang konflik. kenapa? satu kata, "dendam". untuk apa? untuk sesuatu yang tidak ada. lalu bagaimana? satu kata "ikhlas". dendam tidak akan pernah selesai, tetapi ikhlas mampu menutupi semuanya. Menyoe mungken nyang ka teuka wo bak Allah hudep teuma, tente neupeugah: ka sep, nyang likot keu celitra, nyang ukeu keu sejahtera, nyan udep keu amai, nyang matee Allah Nyang kira. Sudah cukup..ka sep.

     

  84. asatagfirullahhhh,,,, kasian se x,,

     

  85. Anonymous Said,

    Saya orang malaysia (Johor), saya sering mengikuti kisah2 dari Indonesia khususnya apa yang terjadi di Aceh. Amat terharu dan pilu bila kisah ini terjadi dalam satu agama (islam) sedangkan dalam waktu yg sama kita sedang ditertawakan oleh kafir lahnattullah. Jadi bersatulah kita orang islam termasuk di negara saya sendiri agar apa yg berlaku dijadikan panduan dan sempadan, semoga rakyat Aceh tabah. Amin

     

  86. riyo Said,

    Saya orang asli jawa dan saya jg sedih mmbaca tuliasan ini saya turut prihatin dan belasungkawa pda korban tpi yang saya sedih kn knpa komentar2 temen2 apalgi yang anak aceh benci sekali sama orang2 jawa apa orang jawa disana kaya ptanyaanq preman apa gmn apa dulu tni y orang2 jawa ikut terllibat padahl orang2 jawa g semua bgtu saya punya tetanga yang cowo y orang aceh dan istriya orang jawa mreka baik2 aja sampai skrang dan ditrima dng baik g mmbedakan dia orang aceh atau suku mnapun.saya meraguka. Apa apa ada provoktor yg buat smkin emosi ingat aceh itu muslim dan jawa juga muslim kita saudara sesama muslim

     

  87. ANTIMUNAFIK Said,

    BIASA BRO....MENGGUNAKAN FANATISME ETNIK, AGAMA, DLL HANYA SEKEDAR UNTUK MENDAPATKAN POPULARITAS DIMATA ETNISNYA AGAR AMBISI-AMBISI POLITIKNYA TERCAPAI. BIAR DIANGGAP PAHLAWAN....RELIGIUS....ASPIRATIF, YANG MODEL KAYAK GITU KAN LAGU LAMA KELAKUAN DAJAL YANG ASLI. TUNGGU AJA LAH KITA LIHAT SAJA NANTI SUATU SAAT AKAN NAMPAK ASLINYA.

     

  88. Anonymous Said,

    mungkin anda harus lebih bijak lagi, orang jawa bukan TNI semua lho..
    termasuk saya orang jawa justru saya pengagum SMK Kartosuwiryo, Teungku Daud Beureuh, Teungku Hasan Tiro, Haji Kahar Muzzakar saya paham betul mereka adalah pejuang Islam semua, dan saya pribadi pengagum orang Aceh para Mujahidin Pemberani!!!, anda boleh benci TNI (Pa'i) tapi tidak boleh bawa2 suku. semoga untuk korban 14 tahun yang lalu diterima amal dan ibadah nya disisi ALLAH SWT serta semoga diampuni dosa2 mereka yang telah melakukan kejahatan di bumi Serambi Mekkah Darul Islam ACEH. amin

     

  89. Anonymous Said,

    menurut gw, orang aceh berontak wajar coz mereka sakit hati karena dulu pemimpin di Republik ini lupa diri, kacang lupa kulit, kecuali Bapak Jusuf Kalla yang mendamaikan GAM VS RI karena beliau mempelajari sejarah Republik ini dan merasakan penderitaan orang aceh setelah selama 30thn masuk Daftar Merah dibayang2i MILITER, masyarakat yang tdk pernah merasakan kedamaian, kesejahteraan hidup Normal. orang aceh dahulu kaya-kaya kesejahteraan nya tingkat tinggi sampai bisa membelikan Pesawat Buat Republik ini untuk Mondar-mandir Presiden Sukarno dan Para Pejabat doeloe, dan membelikan Emas untuk Tugu Monas di Jakarta yang sering kita lihat di TV yang Notabene sumbangan dari Masyarakat Aceh. Republik ini dulu miskin, tapi setelah kaya lupa akan semua nya, itulah sedikit dongeng ngawur yang Gw Baca di Internet. Semoga kedamaian sekarang Untuk selamanya. salam buat Orang2 Aceh from Ujang dari Bandung Jawa barat. Hatur nuhun

     


  90. semoga indonesia mencapai puncak keruntuhan a. . .

    Salam aneuk aceh. . .

     

  91. Anonymous Said,

    hanya kita yang tau tentang diri kita.
    hnya orang aceh yang tau sjarah aceh
    orang cuma bisa bilang sabar karna gk merasakan.
    kita manusia bukan malaikat sabar ada batasnya.
    gak usah dengar SI KELAMIN GANDA YANG NGEJEK ACEH TAPI NAMA AJA GAK BERANI CANTUMIN.
    BAGI YANG GK SENANG SAMA ACEH, AKU MAU KENALAN DONG
    NAMA AKU RAHMAT
    082370518804

     

  92. Anonymous Said,

    TRUS KALO MAU TAU SYAPA YANG SALAH
    LIAT AJ FOTO APARAT LAGITENDANG WARGA SIPIL
    DI ATAS ADA FOTONYA.
    RAHMAT
    082370518804

     

  93. Anonymous Said,

    Tentara Nasional Indonesia Anjing..., Asu....................

     

  94. Anonymous Said,

    yy

     

  95. Anonymous Said,

    Jaga cakap kau kalau masih mau lhat dunia !!

     

  96. arief Said,

    Bnr ap kagak sih nih,,meragukan,,

     

  97. Anonymous Said,

    yang berkomentar gw rsa cma orang2 yg bdoh.,.,
    pa msih krang kjadian yg dluu.,.,
    knpa msih trpncing dngan omongan2 orang.,.,.
    ingat rakan 30indon 70atjeh.,.,
    awak kah bngai mandum.,.,ashe ie pue pok lee gob.,.,
    slem nanggroe
    az_boy

     

  98. piu piu Said,

    gue lebih berharap ACEH th merdeka, kalo udah merdeka, gue mau pindah kesana aja, biar agamanya jelas. Bukan AGAMA PANCASILA

     

  99. Anonymous Said,

    saya slah sorang eks kary kka juga saksi mata saat exiden itu terjadi dan banyak tau sebab musababnya. saya kala itu ada bersama umar hn dan kru nya yg berperawakan tinggi putih ganteng itu. yg jelas... kliping cerita diatas 95%benar .yang sangat saya sesali sebenarnya aparat saat itu sangat besar peluang tuk menghindari korban jiwa rakyat sipil .dilihat mnrt posisi mereke saat itu . mereka sangat leluasa menarik mundur ke markas denrudal krn jln dr posisi parkiran reo mereka ke sana amatlah lowong dan lengang .maka aku lebih setuju "mental imperialis dan kolonialis menguasai mereka .hingga tumbuh rasa arogansi terhadap siapa yg sebenarnya hrs mereka lindungi" tapi lucu nya mereka jadi kerdil dan penakut di pulau sempadan dan legitan vs tentara diraja malaysia .meu kheun ureung aceh "peuleumah beuhe bak ureung inong , peulemah carong bak ureung buta" lelek leleek....!?

     

  100. Anonymous Said,

    Pelanggaran HAM di Aceh...
    Setelah DOM di cabut... coba bayangkan saat DOM..?
    Aparat kebal Hukum ..
    http://www.youtube.com/watch?v=9vV-5hTVz3c

     

  101. Anonymous Said,

    Disini nampak jelas.. reo dengan leluasa mancari mangsa... begaya dengan sipil tanpa senjata...
    http://www.youtube.com/watch?v=rjH7pRTjzcE

     

  102. masbro ajha Said,

    hmmmmmm biasa kaleeeyy

     

  103. Anonymous Said,

    yg peugah aceh ase....peu hana geutee droe?
    hana di teupeu nyang bloe kapai teureubang keu indonesia ureung aceh? hana di teupeu nyang sumbang meuh keu monas ureung aceh?
    ureung aceh lagee di peungeut ngon indonesia. ureung aceh nyang peuget sejarah, tp ureung aceh nyang disiksa...
    mandum ureung di top mata keu seujarah nyang rakyat aceh peuget.
    hana di teupeu miseu hana sumbangsih dr rakyat aceh hana nyang namajih INDONESIA
    makajih aceh sabee "terpuruk"
    nyoe tugas tanyoe peumuda aceh...jak tapeubeudoh nanggroe, bek ta eh lee...jinoe saat jih ta buktikan tanyoe soe.....
    jak ta buka mata pejabat ngon pemerintah RI, bahwasa jih tanyoe yg poe nanggroe.

     

  104. Cakra Said,

    Tu lah sifat org aceh suka ngarang2crita sbenarnya,,,yg namany kgiatan agama ya brsifat k agamaan bkn brsifat politik apalagi mau mmbrontak pd kdaulatan NKRI lg,,,y udh lh trima aj hukumanya itu dn hukumanya ya brarti d brantas smpe k akar2nya dlm arti 1 kmpung tu wajib d habiskn smua dr yg kcil smpe yg bsar dr yg muda smpe yg tua biar mreka jd mmbrontak d neraka sana,,,negara kk d lawan...!!

     

  105. Anonymous Said,

    Mas Cakra ini kayanya bodoh deh, org minta keadilan kok di bilang pemberontak semua, besok ibu anda di perkosa TNI trus anda demo saya katain anda pemberontak juga ya mas cakra..... yang menentang dan menghina aceh adalah antek kafir pancasila, sudah di bantu sama org aceh ga tau terimakasih, soekarno pernah bilang aceh modal utama kemerdekaan republik indonesia, bacalah sejarah..... jangan kaya org mas cakra ini org ga tau sejarah, bisa jadi cakra ini aneuk bajeung, alias anak haram nya soekarno yang suka main perempuan

     

  106. Anonymous Said,

    Saudara2ku semua...kita semua bersedih..ngga orang aceh saja kok....yg penting kita fikirkan masa depan yg lbih baik...dendam serta amarah yg berlebihan itu ajaran setan...merka akan berpesta pora jika kita saling membenci dan bahkan saling membunuh sesama umat islam...sudah cukup ...masa lalu yg kelam dijadikan pedoman yg baik dan bijak...karna perdamaian jauh lebih baik...dan mahal harganya....nyawa sudah pasti jadi taruhannya..stop Koment yg mengandung SARA..hargai nyawa kita dan saudara2 kita...Allahu akbar...damai negeriku

     

  107. Anonymous Said,

    Aslm. Lucu jg liat koment di atas... hampir semua pke emosi.. kesalahan politik masa lalu jngan sampai terulang, jgn sampae negeri ini sperti balkan 2 dekade silam "terjebak dalam kotak2 etnis" kta semua mahfum hal di atas dan ada banyak kejahatan kemanusiaan di Indonesia pd masa lalu bukan hanyadi Aceh..tugas kita lah untuk mncegah hal tsbut jgn terulang lgi... dan khusus buat yg merasa jagoan sdahlah sekarg bukan masanya.. gunakan akal sehatkita... okay brother... salam dri Makassar

     

  108. ARwitzig Said,

    Tak lupa selamat Idul fitri brother...

     

  109. Anonymous Said,

    yang bener tu yang mana? aku bingung .. buat tugasku...

     

  110. tyan Said,

    Plis deh kita tuh udeh merdeka, ngapain kita mesti perang antar suku..
    Kalopun cerita diatas benar, itu kan masa lalu kita jgn jadi org yg kepancing tragedi masa lalu..
    Ngapain juga sih kita ngurusin cerita ini trus komen2 yg ngehina aceh, ngehina jawa,..ga bkln ada abis nya..
    Yg comen nya saling ngehina..sana aja deh ke neraka,,gw cinta damai,,masa lalu biar jd pelajaran dan jgn sampe terulang..
    Sekarang kita pikirin diri kita sendiri udah bener apa belum,,
    Gw org muslim, gw cm berfikir dan mau hidup di jalan Allah SWT,,gw ga suka perang,,
    Gw punya keluarga di aceh, gw jg punya keluarga di jawa..
    Jd menurut kalian2 yg comen nya pake anjing2, gembel, and babi,,nyuruh keluarga2 gw buat perang!!!?
    Enak sajo yo..mulut kalian aja yg gembel, kyk anjing and babi...
    Gw berharap buat org yg memprovokasi ini semua kena azabnya dari Allah SWT..
    Amiin ya rabbal alamiin...
    Hidup Aceh, Hidup Java, Hidup INDONESIA

     

  111. Tragedi yg sangat menyedih saudarku di acah, biarlah semua sudah berlalu, yakinlah mereka yg gugur karena fitnah itu dijadikan sebuah kasih syang Alloh SWT terhadap hamba yg di sayanginnya...walaupun sangat menyedihkan. Dan para pelakunya diberikan ganjaran yg setimpal oleh Alloh SWT..............Yaa Robb tempatkanlah saudara2 muslim dan mukmin yg tidak berdosa ini di disisimu di surgamu ..dan Engkau maham mengetahui akan setiap peristiwa yg terjadi di perisitwa simpang KKA Aceh...Aaamin Yaa Robb Al Aaamin

     

  112. jokopriyono Said,

    Damai itu indah.....

     

  113. jokopriyono Said,

    Miskipun aq orang jawa tapi aku suka aceh...
    Kaka iparku orang aceh...ilove u perdamaian.....

     

  114. duda keren Said,

    KAMI MENGINGINKAN PERANG, KIRIM KEMBALI PASUKANMU KEMARI !!
    NYAWA YANG SUDAH MELAYANG TIDAK BISA DIBAYAR DENGAN KATA DAMAI.

    PAI BUI !!

     

  115. Anonymous Said,

    PADA PERANG AJA SANA...RAME2....GUE NONTON AJA HAHAHAHA....

     

  116. Anonymous Said,

    Ayolah....
    tidak boleh ada pertumpahan darah di aceh lagi...
    kita ingin hidup damai....

     

  117. Anonymous Said,

    jak pap ma jih mandum..hana suah peusala jawA..sesama mansyarakat biasa..yg tapeureule peusalah pemimpin lage jino di aceh si manah ase...lubeh meutaeun dari pada jawa..seulama jih pimpin pu yg ka meuase diaceh..ci beudoh rakyat seluruh aceh peutren.lheuh nyan duk dro laju beurame.. tu.tut aceh pulang .peujuang beusare nyeo mate beumate mandum ban seuluruh aceh..bek sidroe nyeo bek sidro kon.beusapu pakat..long kon aneuk aceh dan long kon aneuk jawA.tapi long paseh bas a aceh..larna si9thon long di aceh udep ..

     

  118. Anonymous Said,

    gk mungkin aparat sebrutal itu...tni alat perang negara sedngkan masyarakat aceh senjata ampuh andalan Gam ksemuanya itu adalah korban politik yang mengatas nmakan hrga diri bangsa yg berdaulat dan rasa ketidak adilan ..yg smuanya sudah berlalu..kdepannya kita hrus berpikir jernih jngan mau kita di jadikan kambing hitam oleh para politikus"ibaratnya orang bodoh makanan orang pintar...

     

  119. Anonymous Said,

    hehe jngan ketipu sama artikel yg tidak valid ...itu kan kalau gk slah foto di sambas kaltim orang dayak sma madura,,,,jika anda orang pintar dan berakal...jgan sekali kli melawan mesin perang negara yaitu TNI,,karna mereka trlahir dengan kata siap ....."""laksanakan....mlawan mereka sma sja setor nyawa..cara mudah dan gmpang agar tdk ktemu sama mesin perang negara jdilah orang pnting dan brguna ..kalau ingin mnuntut keadilan pakai otak bukan pakai otot...lhatlah pra kruptor kls kakap tk satupun polisi /tentara yg berani menagkap waow yg trlihat hny psukan KPK banci hhihi...trs ruang thanan eksllusif dan nyaman sprt hotel kls melati...bandingkan dengan pencuri atau prampok ulung lgsung roboh oleh timah panas polisi....ksimpulanya jdilah orang pandai gunakan otak,..jngan mudah terprovokasi olh provokator ...

     

  120. Anonymous Said,

    Cerita HOAK.....harusnya malu, berpikir dulu memposting cerita ini...loe sama aja dengan LSM yang dibiayai pihak luar untuk memprovokasi Dan melemahkan bangsa kita..Bangsa INDONESIA....kita sebagai rakyat harusnya mendukung dan membatu TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI..

     

  121. Anonymous Said,

    benar atau tidaknya ngapain juga diributin, lebih baik sekarang berfikir bagaimana caranya menangkal misionaris yg sedang menyerang aceh dengan dalih bantuan

     

  122. Anonymous Said,

    k peugah ju peuyang jeud..
    Tpi beukaingat kamoe pemuda aceh akan berjuang sampe titep darah keuneuchet
    beuka teupeu nyan

     

  123. Anonymous Said,

    kiban pemuda aceh?
    Peu han saket hate lagei nyan di kheun keu geutanyoe?
    Peu na pakat peudeng gam keulai?
    Peu napakat tapeudeuh bak gop aceh nyoe ken bangai aceh nyoe leubeh get tanpa indonesia tanpa sikula tapi ngen dayah ngen agama islam tanyoe akan tapinpin donya
    peu na pakat bandum ureung aceh?

     


  124. Anonymous Said,

    Misionaris kepala otak mu, dasar manusia padang gurun, otak untah.

     

  125. Anonymous Said,

    orang aceh tidak tau terima kasih, udah kena musibah di tolong. padahal ngemis ngemis tuh tolong pak, buk. ih mau mati aja sok belagu. kurang sadar apa kena sunami yang utuh cuma masjidnya. sadar ga mereka lupa akan ajaran agama. suku menjijikkan tidak tau terima kasih. bantuan yang kalian makan itu dari jawa.

    najis deh ketemu orang aceh, sok islami tapi kelakuan kayak anjing gt. bawa2 suku lagi. ih mudah mudahan kena sunami lagi amiiiiin

     

  126. Puge Said,

    tentara jga manusia,,mereka hanya di gunakan sbg aLat perang.mrka hanya meLakukan apa yg diperintahkan,mrka hanya bkrja n mncoba brtahan hdup.yg hrus di saLahkan para peminpin yg memerintahkan mereka utk meLakukan itu,,krna para tentara itu nda mgkn brgerak klo tdak di perintah oLeh atasannya

     

  127. afea lucky Said,

    NKRI Harga mati
    ..jngan mudah diAdu Domba Sma iblis brBntuk mnusia
    Yg ngomong drah dbyar drah prLu dpertnyakn kcerdasannya...
    Msa kw beli drah d'Rumah sakit kw byar dg Drah
    .trus kw transfusi drah minta dbyar dg Drah jg..
    sekolah dlu yg pinter jngan lupa disertai dg ilmu agama krn qt hidup d'Dunia ni tdk slamanya smwnya psti ada prTanggung jwabnnya diakhirat kelak.. jngankn mmbela teman atw saudara keluarga yg sesuku mmbela dri kita sndri aja blum tentu slamat dri api neraka..
    Cintailah negara mu Indonesia jngan mudah terprofokasi jgalah prsatuannya..

     

  128. afea lucky Said,

    INGAT ORANG YG SBAR ITU DISYANG TUHAN.
    ORANG YG SOMBONG ITU DIBENCI TUHAN.
    CONTOH PRKTAAN ORANG YG SOMBONG "KLU GK DA AKU KAMU JDI APA ?"
    (BERARTI DIA TDK MNGAKUI KHENDAK TUHAN NYA)

    ACEH TANAH YG SUBUR "ORANG ACEH CINTA NEGARA NYA INDONESIA"

     

  129. Sembarangn aja blng aceh gembel
    Klo tdak ada ulama dan umat islam aceh km tidak akn bisa mnikmati kemerdekaan,,,,,

     

  130. I am praying may ALLAH united us under Tahweed flag, not based on nationalism and tribalism. Allah's Messenger, Prophet Muhammad SAW said: He is not one of us who calls, fights and dies for Assabiyah (#nationalism / #tribalism), yes INDEED indonesian govt is puppet to the western govt.

     

  131. Anonymous Said,

    A

     

  132. Anonymous Said,

    IA

     

  133. Anonymous Said,

    Emang kayak gitu kalau tentara - negara manapun juga kelakuannya jelek,serta angkuh,kamuplase kalau dia baik,
    apabila tentara salah dia kagak mau mengalah,apabila warga melakukan kesalah hampir seluruh tentara datang kewarga.
    Apabila kebenaran islam akan muncul ke umat islam,tentara2 dan bulisi2
    selalu menghalanginya agar kebenaran islam itu terpendam.
    Tetapi apabila warga2 muslim yang hendak mengagalkan kesesatan,para bulisi menjadi pactor penghalang,sehingga acara kesesatan itu selesai.
    Tentara atau bulisi tidak berpihak kepada kebenaran islam ataupun kepada orang2 islam,melainkan berpihak kesesatan,kezholiman.
    Ceklah kenegara lain yang siapakah di suriah,iraq,afganistan,somalia,chechnya dll.siapa dalang semua yaitu tentara jelek, siapakah yang dibantai oleh tentara yaitu orang-orang islam.
    Siapakah yang mau maju melawan pembantaian yang akan berlanjut terhadap orang-orang muslim kalau bukan orang2 muslim itu sendiri.
    Biasanya kaum muslim berjihad fisabilillah ngelawan tentara2 pembantai itu sering disebut terorist
    terorist ada 2 yaitu terorist asli dan terorist hanya dikatak oleh non muslim untuk menghancurkan islam.
    Terorist asli adalah yang suka merampas barang berharga baik muslim,serta melakukan tindakan extreme,biadab,serta kejam.
    Sedangkan terorist yang dikataknya oleh orang anti islam adalah dia ini tidak melakukan tindakan biadab,extreme,merampas barang berharga orang muslim atau non muslim,dan ia juga tidak membunuh warga sivil non muslim.

     

  134. Anonymous Said,

    Yang mengelola pabrik2 besar di Aceh mayoritas orang jawa juga bang. Sudah lah kami ini perantau juga terkena dampak nya dari peristiwa itu. Sudah lah jangan saling hina. Kita ini makhluk Allah SWT. Sedih bang. Saudara saudara pun banyak yang bernasib pahit kala itu. Jangan sama ratakan orang jawa itu jahat. Justru karena banyak dari kamilah perusahaan2 besar di Aceh bisa berjalan. Kalian bisa lihat kan setelah tragedi itu orang jawa di tanah kalian diusir? Apa dampak bagi perusahaan besar di Aceh? LUMPUH TOTAL hingga detik ini. Maksud dan tujuan kami disini tolonglah jangan saling menghina. Sakit hati ini baca nya bang. Assalamualikum.

     

  135. Anonymous Said,

    berita ky gini kok mau dipercaya, apa masyarakat dah pd bego

     

  136. This comment has been removed by the author.

     

  137. Anonymous Said,

    Jangan sembarangan blg aceh gembel ,siapa yg beli pswt pertama kalj utk RI ,kali mau aceh bisa lepas dr RI,bisa kaya spt brunei lah ikut indon cuma dihisap kekayaan alam ,rakyat malah dibunuh ..teganya blg aceh gembel jahat sekali hati anda

     

Post a Comment

MEREKA YANG TIDAK MENGHARGAI MASA LALU, JUGA TIDAK BERHARGA UNTUK MASA DEPAN( Kata penulis serial Old Shatterhan )

Translate This Blog

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget by ateonsoft.com

Visitor 130 Nations

free counters

Popular Posts

Followers

Blog Archive

Recent Posts

Recent Comments