About Me

My Photo
Hanya seorang keturunan Aceh sejati yang ingin belajar dan mengumpulkan sejarah tentang negerinya agar tidak musnah ditelan zaman.

Peta Aceh

Peta Aceh

TRAGEDI BERDARAH ACEH

Mesjid Baiturrahman

Mesjid Baiturrahman

Rencong Aceh

Rencong Aceh

Museum Tsunami Aceh

Museum tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Ranup Sigapu

Ranup Sigapu

Rumoh Aceh

Makanan Aceh

Makanan Aceh

DAFTAR ISI

ACEH ...DULU SEBUAH NEGERI JAYA DAN MEGAH YANG PERNAH MENJADI SALAH SATU KERAJAAN BESAR DI ASIA TENGGARA SELAMA 407 ( 1496 - 1903 )TAHUN DENGAN MENYANDANG NAMA " KERAJAAN ACEH DARUSSALAM " ...ACEH...SEBUAH NEGERI TANPA SULTAN SELAMA 42 TAHUN ( 1903 - 1945 ) NEGERI YANG TAK PERNAH BERHENTI BERPERANG HINGGA DALAM SATU KISAH KONON RAKYATNYA DARI 10 JUTA TERSISA 3 JUTA JIWA...ACEH...KINI HANYA SEBUAH DAERAH YANG TELAH BERNAUNG SELAMA 66 TAHUN ( 1945 - 2011 ) DALAM NEGARA REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI SALAH SATU PROPINSI...
“ ..... Bahwa tidak ada bangsa yang lebih pemberani perang serta fanatik, dibandingkan dengan bangsa Aceh; dan kaum wanita Aceh, melebihi kaum wanita bangsa-bangsa lainnya, dalam keberanian dan tidak gentar mati. Bahkan merekapun melampaui kaum lelaki Aceh yang sudah dikenal bukanlah lelaki lemah, dalam mempertahankan cita-cita bangsa dan agama mereka” (H.C. Zentgraaff, 1982/1983: 95)
JIKA ACEH PERNAH BESAR/JAYA, MANA BUKTI - BUKTI KEBESARAN PERADABAN ACEH PADA MASA LALU?
Beginilah jadinya sebuah bangsa karena generasi terdahulu lebih baik daripada generasi sekarang? Kegemilangan dan kejayaan masa lalu akan penuh sanjung puji dan keadaan masa kini yang dijalani akan penuh kegeraman paling baik, atau caci maki bagi kekesalan yang melebihi batas ( BANGSA ACEH )....Namun generasi yang paling buruk nasibnya adalah sebuah generasi yang tidak memiliki sosok yang diteladani

Teungku Ahmad Dewi Telah 20 Tahun Hilang

Posted by Sang Penunggu Istana Daruddunia On 12:27

Ribuan masyarakat Aceh melakukan zikir dan doa bersama mengenang 20 tahun kepergian ulama reformis Aceh Tengku Haji Ahmad Dewi, Sabtu (25/6).



Zikir dan doa bersama dilakukan di Masjid Almutaqqin, Kampung Idi Cut, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur. Semasa hidupnya, Tengku Haji Ahmad Dewi adalah pemimpin pesantren Balai Tempat Menuntut, sekaligus ulama kharismatik Aceh.

Dia juga dikenal sangat kritis terhadap kebijakan pemerintah semasa Orde Baru. Ironisnya, ulama besar ini hilang sejak 1991 dan hingga kini tidak diketahui dimana keberadaannya. Bahkan tidak ada satupun orang yang bertanggungjawab atas hilangnya Tengku Ahmad Dewi.

Zikir akbar yang dilanjutkan kenduri haul di komplek pesantren Balai Tempat Menuntut itu, dihadiri Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, Wakil Bupati Aceh Timur Nasruddin dan sejumlah pejabat tingkat Provinsi Aceh serta jajaran pemerintahan kabupaten setempat.

Acara zikir berlangsung khidmat dan ratusan warga yang hadir terlihat mengucurkan air mata. Dalam pidato sambutan, wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, mengatakan keberanian Tengku Akmad Dewi memberantas kejahatan di masyarakat, dan kritikan kepada kebijakan pemerintah jarang dimiliki orang lain.http://www.blogger.com/img/blank.gif

Bahkan jauh sebelum reformasi bergulir, ulama yang memiliki dua putra dan satu putri ini telah bersuara keras perlunya perubahan di Indonesia ke arah positif. Wagub Aceh pun menyebutkan Tengku Haji Ahmad Dewi merupakan keturunan tokoh besar Aceh melawan Belanda.

Dari informasi yang diperoleh Media Indonesia, almarhum semasa hidup mendirikan Barisan Tentara Merah, dengan 75 anggota, yang dididik untuk memberantas perjudian, minuman keras, dan pergaulan bebas di Aceh Timur, dan sekitarnya. (MR/OL-10)

Amiruddin Abdullah I Media Indonesia | Minggu, 26 Juni 2011
Sunber : http://www.theglobejournal.com

Comments
1 Comments

1 Response to "Teungku Ahmad Dewi Telah 20 Tahun Hilang"

  1. Tengku Putra Said,

    Meski telah 20 tahun hilang .. namun Aroma Semerbak harum nya seorang Ulama Kharismatik tak akan pernah hilang .. 1991.. tahun di mana Operasi Benang Merah di tebar oleh Rezim Soeharto ..Dimana NKRI melancarkan program penghilangan paksa orang-orang yang berpengaruh di kalangan masyarakat dan yang tiak bisa di ajak kompromi oleh negara... Dan KOPASSUS adalah alat yang di gunakan untuk menculik dan membunuh rakyat aceh yang di kirim oleh NKRI ke aceh.
    Dan secara tegas .. Hilang nya Teungku Ahmad Dewi di sebab kan penculikan yang di lakukan oleh KOPASSUS dalam program operasi benang merah.

     

Post a Comment

MEREKA YANG TIDAK MENGHARGAI MASA LALU, JUGA TIDAK BERHARGA UNTUK MASA DEPAN( Kata penulis serial Old Shatterhan )

Translate This Blog

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget by ateonsoft.com

Visitor 130 Nations

free counters

Popular Posts

Followers

Recent Posts

Recent Comments